China rilis peringatan perjalanan bagi warganya yang ingin ke Kanada

China dan Kanada telah berselisih sejak awal Desember lalu, tepatnya pasca-penangkapan eksekutif Huawei Meng Wanzhou.

Ilustrasi / Pixabay

China pada Selasa (15/1) mengeluarkan imbauan bagi warga negaranya yang bepergian ke Kanada agar memperhitungkan risiko dengan cermat serta berhati-hati ketika sudah berada di sana.

Departemen Urusan Konsuler Kementerian Luar Negeri China, dalam peringatan yang disiarkan di media sosial resminya WeChat, mengacu peringatan ini pada kasus penahanan sewenang-wenang seorang warga negara China di Kanada atas permintaan sebuah negara ketiga.

Beijing dan Ottawa telah berselisih sejak awal Desember, ketika polisi Kanada menangkap Meng Wanzhou, direktur keuangan Huawei Technologies Co Ltd, atas permintaan Amerika Serikat pada 1 Desember 2018. Dia dituduh melanggar sanksi Iran.

Para pemimpin Kanada dan Amerika Serikat pada Senin (7/1) sepakat untuk terus menekan Beijing agar membebaskan dua warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, yang ditahan pasca-penangkapan Meng Wanzhou.

China mengutuk penahanan tersebut dan mengancam akan menaikkan ketegangan global pada saat Washington dan Beijing sudah terlibat dalam perang dagang.