Presiden China tegaskan akan perkuat kerja sama vaksin dengan RI

Xi menyatakan bahwa China akan membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin regional dan bersama-sama menolak ketidaksetaraan vaksin.

Presiden China Xi Jinping saat menghadiri Konferensi Dialog Peradaban Asia di Beijing, China, Rabu (15/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Presiden China Xi Jinping pada Selasa (20/4) mengatakan, sembari mempromosikan vaksinasi dalam negeri, China akan terus melakukan kerja sama vaksin dengan Indonesia.

Dikutip dari kantor berita Xinhua pada Rabu (21/4), Xi menyatakan bahwa China akan membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin regional dan bersama-sama menolak ketidaksetaraan vaksin.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden RI Joko Widodo, Xi menekankan bahwa China dan Indonesia sangat mementingkan kehidupan dan kesehatan masyarakat dan menentang nasionalisme vaksin Covid-19.

Xi mencatat bahwa kerja sama vaksin antara kedua negara berada di garis depan dunia. China, tambah Xi, telah memasukkan warga negara asing di tanahnya, termasuk yang berasal dari Indonesia, dalam rencana vaksinasinya.

Di sisi lain, Presiden Xi berharap Indonesia juga memberikan dukungan aktif bagi warga negara China di negaranya.