Covid-19: Donald Trump teken paket bantuan darurat

UU bantuan bipartisan multi-miliar dolar itu telah disetujui oleh DPR pada Minggu (15/3) malam dan Senat pada Rabu (18/3) pagi.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat menyatakan pandemi Covid-19 sebagai darurat nasional di Rose Garden, Gedung Putih, Jumat (13/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu (18/3) malam menandatangani paket bantuan darurat Covid-19, yang termasuk uji gratis dan cuti sakit berbayar selama dua minggu bagi pekerja penuh waktu.

UU bantuan bipartisan multi-miliar dolar itu disetujui oleh DPR pada Minggu (15/3) malam dan Senat pada Rabu (18/3) pagi setelah ditengahi oleh Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steve Mnuchin pekan lalu.

Selain itu, UU ini juga menyedikan bantuan makanan sebesar US$1 miliar bagi yang membutuhkan dan US$1 miliar tunjangan pengangguran bagi negara-negara bagian menyusul melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 di seluruh negeri menjadi lebih dari 9.400. Dari jumlah tersebut, lebih dari 105 di antaranya dinyatakan sembuh dan setidaknya 150 orang meninggal.

"Saya menandatangani Defense Production Act untuk memberantas Virus China jika kita membutuhkannya dalam skenario kasus terburuk di masa depan. Semoga tidak perlu, tetapi ini mendapat dukungan BERSAMA!," twit Trump

I only signed the Defense Production Act to combat the Chinese Virus should we need to invoke it in a worst case scenario in the future. Hopefully there will be no need, but we are all in this TOGETHER!