Covid-19 terus menyebar, Australia berlakukan lockdown

Lockdown dilakukan selama tiga hari untuk Brisbane, dimulai Selasa malam. Ini juga diberlakukan di Sydney, Perth, dan Darwin.

Bendera Australia/Pixabay.

Lebih dari 10 juta warga Australia telah diperintahkan untuk menerapkan lockdown. Hal ini, dikarenakan buntut dari kasus Covid-19 yang menyebar ke seluruh negeri. 

Brisbane, pada hari Selasa (29/6), menjadi kota besar keempat di Australia yang mengeluarkan perintah untuk tetap di rumah atau lockdown.

Lockdown akan dilakukan selama tiga hari untuk Brisbane, dimulai Selasa malam. Tindakan serupa juga akan diberlakukan di Sydney, Perth, dan Darwin dalam beberapa hari terakhir.

"Ini adalah keputusan yang sulit," ujar Perdana Menteri negara bagian Queensland, Annastacia Palaszczuk, setelah Australia mencatat 23 kasus positif  virus corona dalam 24 jam. "Kami melakukan lockdown di kota-kota besar karena kami banyak kedatangan warga dari luar negeri yang  membawa virus ke sini."

Australia sebelumnya berhasil menghilangkan penularan lokal melalui berbagai cara seperti penutupan perbatasan, karantina hotel wajib untuk kedatangan warga di luar negeri dan lockdown cepat.