Cuaca ekstrem landa AS, suhu lebih dingin dibandingkan Mars

Temperatur di sebagian wilayah timur laut Amerika Serikat akan mencapai -37 derajat Celsius, akhir pekan ini.

Foto: Ilustrasi badai salju di Amerika Serikat/Istimewa

Cuaca ekstrem melanda Amerika Serikat. Akhir pekan ini, sebagian wilayah timur laut bersuhu lebih dingin dibandingkan Planet Mars. 

“Di Mount Washington Observatory di New Hampshire, temperatur akan mencapai -37 derajat Celsius pada Jumat malam hingga Sabtu ini,” kata pakar cuaca Taylor Regan, dilansir CNN pada Kamis (4/1). Padahal, temperatur Mars hanya -18 derajat Celsius.

Bukan hanya di wilayah Negara Bagian New England semata yang membeku. Tetapi, hujan beku dan salju juga melanda wilayah tenggara Amerika Serikat. Kemudian, di AS bagian selatan juga sudah mulai turun salju.

Tumpukan salju juga memecahkan rekor di Negara Bagian South Carolina mencapai 15 cm. “Sebanyak 13.000 ton garam telah disebarkan ke seluruh negara bagian,” ungkap Gubernur South Carolina Henry McMaster. 

Dia memperingatkan kondisi berbahaya terjadi pada malam hari akibat temperatur yang masih belum bersahabat dan dibawah minus derajat Celsius. “Saya meminta warga untuk tetap di rumah guna meminimalisir korban luka,” pintanya.