Demokrat sah ambil alih DPR Amerika Serikat

Politikus top Demokrat, Nancy Pelosi, terpilih memimpin DPR Amerika Serikat.

Nancy Pelosi, politikus top Demokrat yang menjadi ketua DPR Amerika Serikat. Reuters/Mandatory Credit: Hannah Gaber-USA TODAY

Nancy Pelosi (78) secara resmi terpilih sebagai ketua DPR Amerika Serikat melalui sebuah pemungutan suara yang digelar bersamaan dengan pelantikan Kongres ke-116 pada Kamis (3/1). 

Dengan memperoleh 220 suara, Pelosi mengalahkan calon dari Partai Republik Kevin McCarthy. Ada pun McCarthy menjadi pemimpin minoritas DPR.

Sebagai ketua DPR, Pelosi akan berhadapan rutin dengan Donald Trump. Politikus top Demokrat tersebut akan memimpin kursi mayoritas di DPR untuk melakukan pengawasan agresif terhadap presiden dan pemerintahannya.

Salah satu tantangan yang akan dihadapi Pelosi sebagai pemimpin mayoritas DPR adalah pertarungan atas pembangunan dinding perbatasan dengan Meksiko, yang merupakan janji utama Trump dalam kampanye pilpresnya. Isu yang sama pula telah memicu government shutdown atau penutupan pemerintahan yang saat ini memasuki hari ke-13.

Pelosi juga membuat sejarah dengan merebut kembali gelar yang sebelumnya dia pegang, yakni perempuan pertama yang memimpin DPR. Periode kepemimpinan pertamanya adalah 2007 hingga 2011.