Demonstran memaksa masuk ke gedung Dewan Legislatif Hong Kong

Pengunjuk rasa memecahkan pintu kaca, memaksa masuk ke gedung Dewan Legislatif (LegCo) Hong Kong.

Pengunjuk rasa berusaha masuk secara paksa ke gedung Dewan Legislatif saat peringatan penyerahan Hong Kong ke China, Senin (1/7). ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Pada Senin (1/7) sore waktu setempat, pengunjuk rasa memecahkan pintu kaca menggunakan besi dan mencoba dengan paksa masuk ke gedung Dewan Legislatif (LegCo) Hong Kong. Hal itu mendorong polisi untuk memukul mundur massa menggunakan semprotan merica.

Sejak pagi hari waktu setempat, pengunjuk rasa telah berkumpul di sekitar kompleks Kantor Pemerintah Pusat (CGO), mereka memblokir jalan menuju lokasi demonstrasi.

Protes itu terjadi pada peringatan penyerahan kembali Hong Kong ke China daratan oleh Inggris pada 1 Juli 1997. 

Kurang dari satu kilometer dari lokasi kerusuhan, Kepala Eksekutif Carrie Lam, melanjutkan upacara peringatan penyerahan Hong Kong ke China di
Convention and Exhibition Centre di Wan Chai. Petugas keamanan mendirikan barikade untuk meredam gangguan dari demonstran.

Dalam sambutannya, Lam menyatakan ke depannya akan lebih berupaya mendengarkan suara rakyat, terutama anak muda. Untuk pertama kalinya, peringatan itu berlangsung di dalam ruangan akibat hujan lebat dan ancaman keamanan dari protes di jalan-jalan utama.