Di tengah agenda PM Australia Albanese ke Jakarta, isu China diangkat ke permukaan

Albanese akan mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya dengan Widodo pada Senin di Jakarta.

Anthony Albanese. Foto AAP

Perdana Menteri Australia yang baru Anthony Albanese terbang ke Jakarta, Minggu (5/6), untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Ini adalah kunjungan  tradisi sejak era Paul Keating (1991-1996), di mana perdana menteri baru Australia menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi, setelah resmi menjabat. 

Albanese akan mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya dengan Widodo pada Senin di Jakarta. Ia juga akan mengunjungi Makassar, wilayah yang ingin dikembangkan Jokowi, dan di mana Australia telah membuka kehadiran diplomatik Indonesia terbarunya.

Albanese mengatakan pemerintahnya ingin memperdalam hubungan diplomatik di seluruh Indo-Pasifik dan telah bergerak cepat untuk mengunjungi negara-negara Pasifik.

Dalam kunjungan ke Indonesia Albanese didampingi oleh Menlu Penny Wong, Mendag, Don Farrell, Menteri Perindustrian, Ed Husic, dan para pemimpin bisnis Australia termasuk eksekutif senior dari Fortescue, Bluescope, Sun Cable, Telstra, Thales Australia dan petani.

"Mengingat persaingan strategis yang berkembang di kawasan itu saya tentu saja mencari hubungan damai dengan semua tetangga kita, mengakui tantangan yang ada di sana,” kata Albanese dikutip The Guardian.