Dibuka bertahap, pelaksanaan umroh dibatasi 3 jam

Pemerintah Arab Saudi akan buka umrah 4 Oktober.

Suasana di sekitar Masjidil Haram di malam hari/Foto Antara.

Pemerintah Arab Saudi mulai 4 Oktober akan membuka ibadah umrah dalam tiga tahap. Nantinya, para jemaah diizinkan melaksanakan umrah selama tiga jam, masing-masing dengan kapasitas tertentu dan di bawah pengawasan. Hal ini serupa dengan standar yang diberlakukan selama ibadah haji pada Agustus 2020.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammed Saleh Benten mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya membantu para jemaah. Dia juga membantah rumor tentang yang memberlakukan biaya untuk memesan slot waktu.

Benten mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji, setiap langkah dilakukan secara digital menggunakan Artificial Intelligence (AI). Untuk itu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan aplikasi umrah baru, Eatmarna, pada Minggu (27/9).

Aplikasi ini akan membantu menegakkan standar kesehatan di tengah pandemik Covid-19, sehingga memudahkan jemaah untuk memesan umrah mereka asalkan diizinkan oleh pihak berwenang.

Pengguna yang mengunduh aplikasi juga harus memastikan bahwa mereka terdaftar dengan aplikasi Tawakkalna milik Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk memeriksa status kesehatan pengguna.