Din Syamsuddin terima penghargaan Bintang Jasa dari Jepang

Din berkontribusi dalam mendorong saling pengertian antar masyarakat Islam di Indonesia dengan masyarakat Jepang.

Duta Besar Jepang untuk RI Masafumi Ishii dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin dalam perjamuan penganugerahan Bintang Jasa Jepang di kediaman dubes Jepang, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (18/1). Alinea.id / Valerie Dante

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, menganugerahkan Bintang Jasa Jepang kepada Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau yang akrab disapa Din Syamsuddin.

Penghargaan 'The Order of the Rising Sun, Gold, and Silver Star' kepada Din Syamsuddin itu diberikan atas kontribusinya dalam mendorong persahabatan dan pemahaman antara rakyat Jepang dengan masyarakat Islam di Indonesia.

"Kami sangat bahagia dapat memberikan penghargaan ini kepada Din Syamsuddin yang telah bekerja keras mendorong rasa saling memahami antara Jepang dan Indonesia," kata Dubes Masafumi dalam perjamuan yang diadakan di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (18/1).

Masafumi mengatakan, penganugerahan Bintang Jasa dari pemerintah Jepang untuk Din Syamsuddin dilakukan pada 6 November 2018. Setelah menghadiri acara penyerahan tanda jasa, Din melakukan audiensi dengan Kaisar Jepang Akihito di Istana Kekaisaran Jepang.

Masafumi menilai, Din sebagai salah satu tokoh Islam Indonesia telah berkiprah dalam sejumlah dialog kerja sama antar agama. Salah satunya dengan penyelenggaraan Forum Perdamaian Dunia (WPF).