Direktur Intelijen Nasional AS yang berselisih dengan Trump mundur

Dan Coats dikabarkan berselisih dengan Trump dalam penilaian terhadap sejumlah isu, termasuk Rusia, Iran, Korea Utara dan perubahan iklim.

Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat Dan Coats. REUTERS/Leah Millis

Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat Dan Coats menjadi tokoh penting terbaru yang meninggalkan pemerintahan Donald Trump. Melalui Twitter, Trump mengumumkan bahwa Coats akan mengundurkan diri pada 15 Agustus.

I am pleased to announce that highly respected Congressman John Ratcliffe of Texas will be nominated by me to be the Director of National Intelligence. A former U.S. Attorney, John will lead and inspire greatness for the Country he loves. Dan Coats, the current Director, will.... — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 28 July 2019

Trump mencalonkan anggota kongres asal Texas John Ratclifee untuk menggantikan Coats. Menurut Trump, Ratcliffe akan memimpin dan menginspirasi kejayaannya bagi negara yang dia cintai.

Coats, seorang mantan senator, menjadi direktur intelijen nasional pada masa yang sulit mengingat Trump telah berulang kali mengungkapkan ketidaksukaan dan ketidakpercayaannya terhadap layanan intelijen.

"Saya memastikan bahwa kita memiliki kemampuan yang diperlukan untuk melindungi dari mereka yang akan merugikan kita," tulis Coats dalam surat pengunduran dirinya kepada presiden.