Donald Trump pecat penasihat keamanan nasional

Trump menjelaskan bahwa dirinya sangat tidak setuju dengan banyak saran Bolton.

John Bolton. Wikipedia/Public Domain

Donald Trump mengumumkan bahwa dia telat memecat penasihat keamanan nasionalnya, John Bolton. Trump menekankan bahwa keduanya tidak sependapat.

"Saya memberi tahu John Bolton tadi malam bahwa layanannya tidak lagi dibutuhkan di Gedung Putih. Saya sangat tidak setuju dengan banyak sarannya, sebagaimana pula dengan banyak hal lainnya di pemerintahan, dan karena itu saya meminta John untuk mengundurkan diri ... Saya berterima kasih kepada John atas pelayanannya. Saya akan menunjuk penasihat keamanan nasional baru pekan depan," twit Trump pada Selasa (10/9).

....I asked John for his resignation, which was given to me this morning. I thank John very much for his service. I will be naming a new National Security Advisor next week. — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 10 September 2019

Bolton disebut berbeda pandangan dengan Trump dalam sejumlah kebijakan luar negeri, dari Afghanistan hingga Iran. Dia telah bertugas sejak April 2018, menjadikannya penasihat keamanan nasional ketiga Trump setelah Michael Flynn dan HR McMaster.

Beberapa saat setelah Trump mentwit, Bolton juga melakukan hal yang sama. Menawarkan versi yang berbeda.