Dubes China untuk ASEAN: Situasi akibat coronavirus membaik

Salah satu indikasi membaiknya situasi adalah menurunnya jumlah korban terinfeksi coronavirus di China selama 16 hari berturut-turut.

Duta Besar China untuk ASEAN Deng Xijun dalam konferensi pers di Kedubes China untuk ASEAN, Jakarta, pada Jumat (21/2). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar China untuk ASEAN Deng Xijun mengatakan bahwa berkat respons tegas dan cepat yang telah diambil pemerintah Tiongkok, situasi penyebaran wabah coronavirus jenis baru di negaranya telah membaik.

"Situasi masih sedikit sulit tapi terus membaik. Per tadi pagi, data yang saya dapat menunjukkan bahwa jumlah pasien di China yang sudah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit melebihi 16.300," tutur Dubes Deng dalam konferensi pers di Kedutaan Besar China untuk ASEAN, Jakarta, pada Jumat (21/2).

Dia menyebut bahwa jumlah kematian di China daratan menyentuh 2.123 per pagi tadi. Angka itu berbeda dari laporan Komisi Kesehatan Nasional China yang menyatakan bahwa per Kamis (20/2), korban tewas nasional sejauh ini 2.236 orang.

"Jumlah pasien yang sembuh di China jauh lebih banyak dari korban tewas," sambung dia.

Di luar China daratan terdapat tiga kematian di Jepang, dua di Hong Kong dan Iran, serta masing-masing satu di Taiwan, Filipina, Korea Selatan, dan Prancis yang membuat angka kematian global menyentuh 2.247. Coronavirus juga telah menginfeksi lebih dari 76.000 orang di seluruh dunia.