Dubes Deng: Coronavirus tak pengaruhi hubungan China-ASEAN

Untuk membahas penanganan wabah coronavirus jenis baru, Dubes China dan ASEAN bertatap muka di Laos pada Kamis (20/2).

Menteri Luar Negeri China Wang Yi (tengah) dalam pertemuan khusus Menlu ASEAN dan China di Vientiane, Laos, Kamis (20/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Phoonsab Thevongsa

Pada Kamis (20/2), para menteri luar negeri negara anggota ASEAN dan Tiongkok mengadakan pertemuan khusus di Laos untuk membahas penanganan wabah coronavirus jenis baru. Duta Besar China untuk ASEAN Deng Xijun mengatakan, pertemuan tersebut menggarisbawahi fakta bahwa epidemi itu tidak memengaruhi hubungan China-ASEAN.

"Coronavirus tidak memengaruhi hubungan kedua pihak, justru kami bertekad untuk bekerja bersama dalam memerangi epidemi itu," ujar dia dalam konferensi pers di Kedutaan Besar China untuk ASEAN, Jakarta, pada Jumat (21/2).

Dia berharap wabah coronavirus akan segera mereda sehingga kolaborasi, hubungan antarmasyarakat, dan aktivitas bisnis China-ASEAN dapat kembali normal.

Dubes Deng menyebut bahwa pertemuan tersebut juga menunjukkan kemauan keras, solidaritas, dan kuatnya persahabatan China-ASEAN di tengah masa-masa yang sulit.

"Pertemuan pada Kamis mengirimkan pesan yang tegas bahwa China dan ASEAN akan selalu mementingkan kesehatan masyarakat, memelihara pembangunan ekonomi dan sosial di kawasan, serta menjaga stabilitas regional," kata Deng.