Dubes Inggris: Brexit akan menunjukkan arti 'Global Britain'

Global Britain dapat diartikan dengan terjalinnya hubungan baru yang lebih kuat antara Inggris dengan Uni Eropa serta negara-negara lain.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins usai konferensi pers di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat (31/1). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengatakan bahwa Jumat (31/1) menjadi hari bersejarah karena tepat pada pukul 23.00 GMT atau pada Sabtu (1/2) pukul 06.00 WIB, Inggris akan secara resmi hengkang dari Uni Eropa.

"Kami percaya bahwa meninggalkan Uni Eropa merupakan peluang untuk menunjukkan apa arti dari visi kami yakni 'Global Britain'," jelas Dubes Jenkins dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta pada Jumat (31/1).

Global Britain menurut Jenkins dapat diartikan dengan terjalinnya hubungan baru yang lebih kuat dengan Uni Eropa dan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia. Dia menegaskan meski Inggris akan meninggalkan Uni Eropa, bukan berarti Inggris menelantarkan Eropa. Inggris, jelasnya, akan tetap menjadi teman dan mitra yang dapat diandalkan Eropa.

"Kami akan terus melindungi dan menghargai budaya Eropa serta berdiri untuk mempertahankan nilai-nilai yang dijunjung bersama dalam membela hak asasi manusia dan kebebasan," ujar dia.

Selain itu, Global Britain juga berarti Inggris menjadi lebih ambisius untuk memperluas perdagangan global mereka, terutama dalam menggarap pasar baru di Asia.