Dubes Inggris untuk AS mundur usai dicap bodoh oleh Trump

Pengunduran diri Darroch, diumumkan oleh KemluInggris pada Rabu (10/7) setelah Trump mengatakan tidak akan lagi berurusan dengannya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS/Carlos Barria

Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat Sir Kim Darroch mengundurkan diri dari posisinya pascaskandal kebocoran kawat diplomatik. Serangkaian kawat diplomatik dari 2017 yang ditujukan ke Downing Street tersebut memuat penilaian negatif Darroch terhadap Donald Trump dan pemerintahannya.

Salah satunya, Darroch menilai bahwa pemerintahan Trump tidak kompeten dan tidak koheren.

Pengunduran diri Darroch, diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris pada Rabu (10/7), setelah Trump pada Senin (8/7) mengatakan bahwa Gedung Putih tidak akan lagi berurusan dengan Darroch.

Seorang pejabat pemerintah Inggris mengonfirmasi kepada CNN bahwa Darroch memutuskan mundur setelah mengetahui Boris Johnson, calon kuat PM Inggris pengganti Theresa May, menolak mendukungnya. Sikap Johnson itu ditunjukkannya selama debat melawan Jeremy Hunt pada Selasa (9/7) malam.

Dalam suratnya kepada Simon McDonald, Permanent under secretary di Kementerian Luar Negeri, Darroch mengatakan dia ingin mengakhiri spekulasi tentang posisinya dan sisa masa jabatannya sebagai duta besar.