Dubes Octavino: 439 WNI di Iran dalam kondisi sehat

Dijelaskan Dubes Octaviano bahwa pemerintah Iran sudah lebih tegas dalam melarang mobilitas warga antarkota.

Staf medis memakai pakaian pelindung duduk di dalam sebuah ambulans saat memindahkan pasien dengan penyakit Covid-19 ke Rumah Sakit Masih Daneshvari di Teheran, Iran, Senin (30/3). ANTARA FOTO/WANA (West Asia News Agency)/Ali Khasa via REUTERS

Duta Besar Republik Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin menegaskan 439 warga negara Indonesia (WNI) di Iran dalam kondisi sehat dan baik di tengah penularan coronavirus jenis baru.

Jumlah total WNI di Iran ada 474 orang. Saat ini jumlah WNI sekitar 430 orang karena sebelumnya ada sekitar 40 orang yang sudah kembali ke Indonesia untuk berlibur sekaligus menjauhkan diri dari penyebaran Covid-19 di Iran. 

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, Dubes Octavino mengatakan, pemerintah Iran meliburkan kegiatan pendidikan, menghentikan pertunjukan seni, budaya, dan meniadakan pertandingan olahraga serta kegiatan yang bersifat pengumpulan massa.

"Sejak tgl 28 Maret 2020, pemerintah juga menutup pusat keramaian (mal, rumah makan, kafe, tempat olahraga) dan taman kota yang sering digunakan warga Iran untuk berkumpul bersama keluarga," ujar Dubes Octavino.

Pemerintah Iran juga sudah lebih tegas dalam melarang mobilitas warga antarkota.