Dubes Palestina: Proposal perdamaian AS hanya permainan

Dubes Al Shun menilai langkah politik AS dengan jelas menunjukkan dukungan bagi Israel dan posisi mereka yang menentang Palestina.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta, Jumat (17/5). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun menilai proposal perdamaian Israel-Palestina yang akan ditawarkan Amerika Serikat hanya permainan. Menurut dia, proposal perdamaian itu tidak akan pernah terwujud karena Presiden AS Donald Trump selama ini sudah memperlihatkan keberpihakannya kepada Israel.

"Kami lihat, Trump berada di belakang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu selama Pemilu Israel. Tidak mungkin mereka tidak berpihak," ungkap Al Shun dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta, Jumat (17/5).

Selain itu, Dubes Al Shun menuturkan bahwa selama ini langkah politik AS pun dengan jelas menunjukkan dukungan mereka bagi Israel dan posisi mereka yang menentang Palestina.

"Saya sangat yakin proposal perdamaian itu hanya permainan belaka. Menurut saya, Trump tidak benar-benar ingin jadi mediator Palestina-Israel dan proposal punyanya itu tidak akan terwujud," lanjutnya.

Dubes Al Shun menyebut, AS telah berulang kali melakukan pelanggaran kesepakatan internasional dengan mendukung penjajahan Israel terhadap Palestina.