Eks PM Jepang meninggal dunia usai ditembak

Shinzo Abe meninggal usai mendapat penanganan medis.

Eks Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Dok Reuters.

Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat berkampanye untuk pemilihan parlemen. Dikutip dari Reuters, Jumat (8/7), pernyataan meninggalnya pemimpin terlama di Jepang itu disampaikan seorang pejabat dari partai politiknya. 

Di sisi lain, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengirimkan belasungkawa kepada Akie Abe, istri mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga yang berduka dan orang-orang Jepang yang telah kehilangan perdana menteri terlama dan politisi yang dihormati dalam sejarah konstitusional Jepang," kata Yoon seperti dikutip dalam sebuah pernyataan yang disampaikan oleh kantor kepresidenan.

Untuk diketahui, seorang pria menembak Abe dari belakang dengan senjata yang tampaknya buatan sendiri saat dia berbicara di sebuah pulau lalu lintas. Peristiwa itu adalah pembunuhan pertama terhadap seorang pejabat atau mantan perdana menteri Jepang sejak zaman militerisme sebelum perang di tahun 1930-an.

Berbicara sebelum kematian Abe diumumkan, Perdana Menteri Fumio Kishida mengutuk penembakan itu. Sementara, rakyat Jepang dan para pemimpin dunia menyatakan keterkejutannya atas kekerasan di negarayang jarang terjadi kekerasan dan senjata dikontrol dengan ketat.