Erdogan sampai datang ke Riyadh, kemenangan Arab Saudi

Pesawat Erdogan mendarat di kota kedua Arab Saudi Jeddah untuk kunjungan yang diharapkan mencakup pertemuan dengan Putra Mahkota.

Pertama sejak kasus Khashoggi, Erdogan kunjungi Arab Saudi . Foto Twitter

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba pada hari Kamis di Arab Saudi. Ini adalah kunjungan pertamanya sejak pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada tahun 2018 yang membuat perselisihan antara dua negara itu.

Sebelum lepas landas dari Istanbul, Erdogan mengatakan dia berharap “untuk meluncurkan era baru” dalam hubungan bilateral. Perjalanan itu dilakukan ketika Turki, menghadapi krisis ekonomi yang dipicu oleh jatuhnya mata uangnya dan melonjaknya inflasi, mencoba untuk menggalang dukungan keuangan dari negara-negara Teluk yang kaya energi.

Pesawat Erdogan mendarat di kota kedua Arab Saudi Jeddah untuk kunjungan yang diharapkan mencakup pertemuan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

“Kami percaya meningkatkan kerja sama di berbagai bidang termasuk pertahanan dan keuangan adalah kepentingan bersama kami,” kata Erdogan sebelum meninggalkan Turki.

Agen Saudi disebut-sebut telah membunuh dan memotong-motong Khashoggi, orang dalam Saudi yang menjadi kritikus yang menulis kolom untuk The Washington Post, di konsulat kerajaan di Istanbul pada Oktober 2018. Jenazahnya tidak pernah ditemukan.