Eropa yang eksotis di jantung Meksiko, Guadalajara

Guadalajara adalah pusat baru dalam hal budaya, bisnis, seni dan banyak lagi.

Guadalajara. Foto: Pixabay

Setelah setiap penaklukan, pemenang menentukan simbol budaya penduduk setempat, seperti Masjid Hagia Sophia di Istanbul. Meski letaknya jauh di daratan yang berbeda, Guadalajara juga demikian, karena berfungsi sebagai mercusuar budaya, sejarah, band mariachi, kegembiraan dan kebebasan.

Setiap penaklukan dalam sejarah diikuti oleh upaya untuk membangun legitimasi dengan melakukan reformasi budaya atau setidaknya membangun simbol-simbol budaya.

Kaisar Ottoman yang agung, Mehmet II, biasa mengubah gereja terbesar di setiap kota yang ia taklukkan menjadi masjid. Masjid Hagia Sophia adalah contoh paling terkenal dari hal ini. Simbol memiliki makna yang kuat, bahkan lebih kuat dari tentara terhebat di dunia. Bagaimanapun, kota tidak ditaklukkan dengan kekuatan pedang tetapi dengan kekuatan iman yang dimiliki oleh setiap prajurit.

Sebuah simbol menceritakan banyak kisah. Dalam kasus Hagia Sophia, tertulis: “Kota besar Anda, Konstantinopel, sekarang menjadi kota Islam.” Pada tahun 1920-an, kota kecil Ankara di Anatolia mewakili simbol serupa. Istanbul diduduki oleh Kerajaan Inggris tepat setelah Perang Dunia I. 

Kaisar terakhir Kesultanan Ottoman dirampas kekuasaannya atas negara tersebut. Penduduk Istanbul hidup di bawah kekuasaan para komandan Inggris. Jadi, para pemimpin Republik Turki yang baru lahir memilih Ankara, karena berbagai alasan logistik dan militer, untuk menjadi simbol republik baru di jantung Anatolia.