Facebook hapus unggahan PM Ethiopia: Tidak peduli siapa mereka!

Juru bicara Facebook, yang baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta, mengatakan pernyataan itu telah dihapus karena melanggar kebijakan.

PM Ethiopia Abiy Ahmed

Sebagai pemilik platform media sosial, Facebook benar-benar berkuasa.Siapa pun harus tunduk dengan aturan yang mereka buat. Presiden atau perdana menteri sekalipun bisa ditendang, kalau mereka 'tidak suka'. Terbaru, Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed jadi pesakitannya. 

Facebook menghapus unggahan dari Abiy Ahmed karena dianggap melanggar aturannya dalam menghasut kekerasan, ketika krisis kemanusiaan yang melanda negara yang dilanda konflik semakin dalam.

Pada hari Minggu, Abiy Ahmed mengimbau warga untuk mengangkat senjata untuk menghentikan Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), sekelompok pejuang pemberontak yang telah melancarkan serangan selama setahun terhadap pasukan negara.

Keadaan darurat diberlakukan setelah TPLF mengklaim telah merebut beberapa kota dalam beberapa hari terakhir.

Dalam sebuah posting Facebook, Abiy meminta warga untuk "mengorganisir dan berbaris melalui cara hukum [apa pun] dengan setiap senjata dan kekuatan ... untuk mencegah, membalikkan, dan mengubur teroris TPLF", menurut terjemahan pernyataan itu.