G7 akan sumbang 1 miliar dosis vaksin Covid-19

PM Inggris telah meminta para pemimpin G7 untuk berkomitmen memvaksinasi seluruh dunia pada akhir 2022.

Foto ilustrasi / Pixabay

Dalam pertemuan puncak G7 pada Jumat (11/6), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan bahwa dirinya mengharapkan kelompok tersebut sepakat untuk menyumbangkan satu miliar dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin pada akhir 2022.

Hanya beberapa jam setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersumpah untuk meningkatkan pertempuran melawan Covid-19 dengan sumbangan 500 juta suntikan Pfizer, PM Johnson mengatakan bahwa Inggris akan memberikan setidaknya 100 juta kelebihan vaksin ke negara-negara miskin.

Johnson telah meminta para pemimpin G7 untuk berkomitmen memvaksinasi seluruh dunia pada akhir 2022 dan kelompok itu diharapkan menjanjikan satu miliar dosis selama KTT selama tiga hari di resor tepi laut Inggris, Carbis Bay.

Beberapa kritikus menyebut rencana itu tidak efektif karena Oxfam sendiri memperkirakan bahwa hampir empat miliar orang akan bergantung pada COVAX untuk mendapatkan pasokan vaksin.

COVAX Facility merupakan program yang mendistribusikan suntikan Covid-19 ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.