Gaet lebih banyak pesepeda, Belanda gelontorkan US$390 juta

Dengan dana US$390 juta, Belanda akan membangun 15 rute tol sepeda serta 25.000 tempat parkir sepeda baru.

Ilustrasi / Pixabay

Belanda memiliki lebih banyak sepeda ketimbang orang, yakni 17 juta banding 23 juta. Ke depannya, negara itu ingin mendorong lebih banyak lagi pesepeda dan mereka tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya.

Pemerintah Belanda baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan US$390 juta untuk infrastruktur sepeda demi mencapai target; membuat lebih dari 200.000 orang bersepeda dalam waktu tiga tahun mendatang.

Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda menuturkan, pemerintah akan membangun sebanyak 15 rute jalan bebas hambatan bagi pesepeda. Selain itu, akan dibangun pula 25.000 tempat parkir sepeda dan lebih dari 60 fasilitas penyimpanan sepeda akan diperbarui.

"Ambisi saya adalah untuk memastikan bahwa orang dapat dengan mudah bekerja, bersekolah, atau mengunjungi keluarga dan teman-teman," tutur Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Stientje van Veldhoven.

Ini dilakukan bukan karena masyarakat Belanda belum bersepeda. Karena menurut Institute for Transport Policy Analysis Belanda pada 2016, lebih dari seperempat dari seluruh perjalanan warga Belanda dilakukan dengan menggunakan sepeda.