Gedung Putih: Iran akan kirim drone bersenjata ke Rusia

Pilihan Rusia atas Iran sebagai sumber drone adalah logis. Selama 20 tahun terakhir, Iran telah menyempurnakan kekuatan drone-nya

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih, Senin, 11 Juli 2022, di Washington. Foto AP/Evan Vucci

Gedung Putih meyakini, Rusia telah beralih ke Iran untuk menyediakan "ratusan" kendaraan udara tak berawak, termasuk drone berkemampuan senjata, untuk digunakan dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan, tidak jelas apakah Iran telah memberikan sistem tak berawak ke Rusia, tetapi mengatakan AS memiliki "informasi" yang menunjukkan Iran sedang bersiap untuk melatih pasukan Rusia untuk menggunakannya segera bulan ini.

“Informasi kami menunjukkan bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk menyediakan Rusia hingga beberapa ratus UAV, termasuk UAV berkemampuan senjata dalam waktu yang dipercepat,” katanya kepada wartawan, Senin (11/7).

Sullivan mengatakan, pemboman besar-besaran Rusia di Ukraina, telah membawa Rusia untuk mengonsolidasikan kekuatan di Timur Negara dalam beberapa pekan terakhir.

Pengungkapan Sullivan datang pada malam perjalanan Presiden Joe Biden ke Israel dan Arab Saudi, di mana program nuklir Iran dan kegiatannya di kawasan itu akan menjadi subjek utama diskusi.