Gelar Pemilu, Malaysia akan bubarkan parlemen

Pemilu kali ini akan menjadi pertarungan demokrasi paling sulit bagi koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpin Najib Razak .

Pembubaran parlemen Malaysia berjalan menuju pemilu/Shutterstock

Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak diperkirakan akan mengumukan pembubaran parlemen pada Jumat (6/4) mendatang.

Hal itu diungkapkan seorang Menteri Perencanaan Ekonomi Malaysia Abdul Rahman Dahlan. Pemilu kali ini akan menjadi pertarungan demokrasi paling sulit bagi koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpin Najib.

Apalagi Najib mendapatkan tekanan untuk mengamankan mandat kekuasaannya setelah dia terjerat skandal korupsi miliaran dolar. Ditambah lagi publik Malaysia sudah marah dengan semakin meningkatnya biaya hidup.

Paling parah, Najib harus melawan mentornya sendiri, mantan PM Mahathir Mohamad yang kini bergabung dengan kubu oposisi.

“PM sepertinya akan membubarkan parlemen pada Jumat mendatang setelah dia memimpin rapat kabinet mingguan,” kata Abdul Rahman Dahlan, dilansir Channel News Asia pada Selasa (3/4). “Saya pikir Jumat, mungkin secara tradisional kita akan meluncurkan manifestor kita setelah pembubaran parlemen. Pengumuman manifestor itu akan diluncurkan pada Sabtu ini,” paparnya.