Gempa dahsyat Taiwan hancurkan bangunan dan infrastruktur

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan lantai pertama salah satu bangunan di Hualien runtuh total.

Foto: VOA

Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Taiwan pada Rabu pagi, menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran dan runtuhnya sebagian beberapa bangunan di Taiwan timur. Setidaknya tujuh orang tewas dan lebih dari 700 orang dilaporkan terluka.

Pusat gempa terletak 25 kilometer lepas pantai timur pulau dengan kedalaman 15,5 kilometer. Badan Cuaca Pusat Taiwan mengatakan gempa bumi menyebabkan perubahan ketinggian air di lepas pantai timur dan mengeluarkan peringatan tsunami. Peringatan tersebut dicabut sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Sejak gempa awal yang terjadi pada pukul 07.58 waktu setempat, sudah terdeteksi lebih dari 100 gempa susulan. Ini merupakan gempa terkuat yang melanda Taiwan dalam 25 tahun terakhir. Setidaknya 26 bangunan runtuh seluruhnya atau sebagian di Taiwan.

Gempa bumi menyebabkan kerusakan di seluruh pulau, dengan kasus paling serius terkonsentrasi di Kabupaten Hualien di bagian timur. Lebih dari selusin bangunan di seluruh wilayah itu sebagian runtuh. Meskipun lebih dari selusin orang telah diselamatkan dari dua bangunan yang sebagian runtuh di Hualien, setidaknya satu orang masih terjebak di dalam bangunan tersebut.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan lantai pertama salah satu bangunan di Hualien runtuh total dan sisa bangunan miring 45 derajat.