Gen Z Taiwan kini dukung capres yang mengusung perubahan

Taiwan akan menggelar Pemilihan Presiden pada 13 Januari 2024.

Dari kiri: Dr William Lai Ching-te, wakil presiden Taiwan dan calon presiden dari Partai Progresif Demokratik yang berkuasa; Tuan Hou Yu-ih, calon presiden dari oposisi utama Kuomintang; dan Dr Ko Wen-je, kandidat dari Partai Rakyat Taiwan. Foto: Todayonline

Pada acara ‘Super Sunday’ ketika tiga partai politik terkemuka Taiwan berkumpul di kota selatan Kaohsiung, Vivian yang berusia 28 tahun dan anjingnya yang gugup, Kimmy, berdiri bersama di pinggir unjuk rasa calon presiden Ko Wen-je.

Ko pernah menjadi wali kota Taipei, namun ia dan Partai Rakyat Taiwan (TPP) yang dipimpinnya tidak pernah memegang jabatan nasional.

Hal ini tidak menjadi perhatian para pendukungnya.

“Saya pikir meskipun Ko adalah pilihan yang benar-benar baru, jika dilihat dari kebijakan dan perdebatannya, Anda dapat memahami logikanya. Itu membuatku mudah memahami apa yang ingin dia lakukan,” kata Vivian di tengah demonstrasi yang ramai pada tanggal 7 Januari.

Taiwan akan menggelar Pemilihan Presiden pada 13 Januari 2024. Kandidat yang bertarung adalah Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokrat (DPP), yang saat ini menjabat. Dari oposisi kandidatnya adalah Hou You-yi dari KMT. Kemudian Ko Wen-je dari TPP.