Grup Wagner mengklaim kemenangan di Bakhmut Timur

Pasukan Rusia telah menguasai kota dari tiga sisi, hanya menyisakan koridor sempit yang mengarah ke barat.

Tentara Ukraina menembakkan howitzer self-propelled ke arah posisi Rusia di dekat Bakhmut, lokasi pertempuran terberat, wilayah Donetsk, Ukraina, Selasa, 7 Maret 2023. AP Photo/Libkos

Pemilik perusahaan militer Grup Wagner Rusia mengklaim pada Rabu, bahwa pasukannya telah memperluas keunggulan mereka di benteng utama Bakhmut, Ukraina. 

Yevgeny Prigozhin mengatakan, pasukan Wagner telah menguasai sepenuhnya bagian timur Bakhmut. Dia mengklaim bahwa mereka sekarang menguasai semua distrik di sebelah timur Sungai Bakhmutka yang melintasi kota di wilayah Donetsk timur. Untuk dikeahui, pusat Bakhmut terletak di sebelah barat sungai.

Baik pejabat Rusia maupun Ukraina tidak mengomentari klaim Prigozhin. Tetapi, Institute for the Study of War (ISW), sebuah think-tank yang berbasis di Washington yang memantau dengan cermat pertempuran di Ukraina, mengatakan dalam analisis terbarunya bahwa “pasukan Rusia kemungkinan telah merebut bagian timur Bakhmut, sebelah timur Sungai Bakhmutka, mengikuti penarikan Ukraina dari Bakhmut Timur pada 7 Maret.”

Grup Wagner telah mempelopori serangan Rusia di Bakhmut yang telah berlangsung selama enam bulan dan mengurangi kota dengan populasi sebelum perang lebih dari 70.000 menjadi gurun yang membara.

Pasukan Rusia telah menguasai kota dari tiga sisi, hanya menyisakan koridor sempit yang mengarah ke barat. Satu-satunya jalan raya di barat menjadi sasaran tembakan artileri Rusia, memaksa pasukan Ukraina yang mempertahankan kota untuk semakin mengandalkan jalan pedesaan, yang sulit digunakan sebelum tanah berlumpur mengering.