Harapan Palestina dan Liga Arab atas AS di bawah Biden

Palestina nantikan peran positif AS di bawah kepemimpinan Biden.

Perempuan pejuang kemerdekaan Palestina/Pixabay.

Otoritas Palestina dan Liga Arab pada Minggu (29/11) menyatakan tengah menantikan pemerintahan baru Amerika Serikat di bawah presiden terpilih, Joe Biden. Mereka menilai bahwa di bawah kepemimpinan Biden, AS dapat memainkan peran positif menuju pembentukan Palestina yang merdeka.

Terkait hal itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Kepala Liga Arab Ahmed Aboul Gheit telah mengadakan pembicaraan di Kairo, Mesir. Pertemuan tersebut membahas mengenai konflik Israel-Palestina, sehubungan dengan berakhirnya Pilpres AS.

Dalam pernyataan bersama kedua pihak, mereka berharap pemerintahan baru AS akan membuka jalan bagi pemulihan peran yang lebih aktif dan positif untuk menemukan penyelesaian dan mendirikan negara Palestina yang bebas.

Abbas telah meminta Biden untuk menghidupkan kembali hubungan antara Palestina dan Washington yang runtuh selama masa jabatan Presiden Donald Trump.

Pemerintah Palestina memutuskan hubungan dengan pemerintahan Trump, menuduhnya sangat pro-Israel. Trump kemudian membalas dengan memotong sumbangan dana AS bagi badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).