IMF apresiasi kebijakan ekonomi RI dalam merespons Covid-19

IMF menilai Indonesia mengambil kebijakan yang signifikan dan tepat sasaran untuk mendukung perekonomian.

Petugas menunjukkan spanduk penutupan jalan saat karantina di Desa Mulyoharjo, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (4/4), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengapresiasi kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani dampak ekonomi dan sosial akibat coronavirus jenis baru.

Pernyataan tersebut disampaikan Kristalina dalam taklimat media yang diadakan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kepada pers di Jenewa, Swiss, Jumat (3/4).

"Kami melihat Indonesia mengambil kebijakan yang signifikan dan tepat sasaran untuk mendukung perekonomian," sebut Kristalina seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Perutusan Tetap RI Jenewa, Sabtu.

Secara khusus, IMF memuji koordinasi baik antara Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan dalam menangani pandemik serta pemberian perlindungan oleh pemerintah kepada UMKM.

Menurut Kristalina, kedua kebijakan ini tidak hanya berdampak nyata di lapangan, tetapi juga akan membantu peningkatan dinamika perekonomian Indonesia ketika situasi membaik.