India janjikan perlakuan adil bagi sawit Indonesia

India sepakat dengan catatan Indonesia membeli beras dan gula dalam bentuk raw sugar dari mereka.

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi sebelum pertemuan bilateral di sela KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi usai mengikuti KTT ASEAN-India, di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11) siang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan itu PM Modi kembali menekankan dukungannya terhadap sentral ekonomi di ASEAN dan mengapresiasi Presiden Jokowi dalam membentuk outlook ASEAN, yang pada akhirnya diadosi oleh semua negara ASEAN.

"PM Modi mengatakan bahwa konsep yang ada di Presiden Jokowi exactly mirroring, jadi hampir sama dengan konsep yang dimiliki oleh PM Modi," kata Menlu Retno dalam media briefing di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11) sore seperti dilansir setkab.go.id.

Menurut Menlu Retno, Presiden Jokowi dan PM Modi menyampaikan bahwa kerja sama politik kedua negara yang bagus harus direfleksikan dalam kerja sama ekonomi.

"Presiden membahas mengenai masalah sawit. Intinya adalah PM Modi siap memberikan treatment yang fair terhadap sawit Indonesia," terang Menlu.