India minta kompensasi 'bencana iklim' dari negara-negara kaya

Kompensasi untuk bencana iklim diharapkan menjadi poin utama dalam pembicaraan KTT COP.

Krisis energi baru-baru ini telah memberi India amunisi untuk terus menggunakan batu bara, satu-satunya bahan bakar fosil yang berlimpah. foto Straitstimes/Reuters

Bencana karena perubahan iklim menjadi tantangan global belakangan ini. Menurut India, negara-negara maju harus bertanggung jawab karena merekalah penyumbang besar gas rumah kaca di dunia sehingga menyebabkan pemanasan global.

Negara-negara maju harus mengeluarkan dana kompensasi atas kerugian yang disebabkan oleh bencana iklim, kata kementerian lingkungannya sambil memaparkan posisi negara itu pada isu-isu kritis yang akan dinegosiasikan pada KTT iklim COP26 Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam beberapa minggu mendatang.

"Permintaan kami adalah ini: harus ada kompensasi untuk biaya yang dikeluarkan, dan itu harus ditanggung oleh negara-negara maju," kata Rameshwar Prasad Gupta, pegawai negeri paling senior kementerian lingkungan India, pada Jumat (22/10).

Dia menambahkan bahwa India berdiri dengan negara-negara berpenghasilan rendah dan berkembang lainnya dalam masalah ini.

Para pemimpin dan diplomat dari seluruh dunia akan berkumpul di Glasgow, Skotlandia, untuk menghadiri KTT COP tahunan, yang dipandang sebagai pertemuan darurat untuk mencegah memburuknya dampak perubahan iklim.