Indonesia bantah dukung penyelidikan soal Covid-19

Sejumlah media asing melaporkan bahwa lebih dari 110 negara, termasuk Indonesia, mendukung resolusi yang digagas oleh Australia.

Plt. juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah. / Kemlu RI

Plt. juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah membantah laporan media asing yang menyebut Indonesia sebagai bagian dari koalisi negara yang mendukung adanya investigasi independen terkait asal-usul Covid-19.

Faizasyah menyatakan bahwa Indonesia sejak awal menjadi co-sponsor atau pihak yang mendukung resolusi "Covid-19 Response" yang diadopsi dalam pertemuan virtual World Health Assembly pada Selasa (19/5).

Sebelumnya, sejumlah media asing melaporkan bahwa lebih dari 110 negara, termasuk Indonesia, mendukung resolusi yang digagas oleh Australia terkait penyelidikan independen soal asal-usul coronavirus jenis baru.

"Kalau kita melihat resolusi tersebut secara utuh, tidak ada bagian yang spesifik meminta adanya suatu investigasi independen terkait asal-usul coronavirus jenis baru," jelasnya dalam pengarahan media secara virtual pada Rabu (20/5).

Faizasyah menegaskan, resolusi yang didukung Indonesia nyatanya merupakan upaya bersama negara-negara di dunia untuk membangun kerja sama internasional dalam penanganan Covid-19.