Indonesia gagas forum diplomasi digital, pertama di Asia Tenggara

Forum ini akan berlangsung pada Rabu (10/9) hingga Kamis (11/9) di Hotel Mulia, Jakarta.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri RI Listiana Operananta (kanan) dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, Rabu (4/9). Alinea.id/Valerie Dante

Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Regional Conference on Digital Diplomacy (RCDD) pada Rabu (10/9) hingga Kamis (11/9) di Hotel Mulia, Jakarta.

Forum itu rencananya akan dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang tediri dari wakil pemerintah, praktisi di bidang diplomasi digital, akademisi dan think-tank. Para peserta berasal dari 10 negara ASEAN dan enam negara lainnya yakni Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru.

"RCDD ini merupakan pertama di kawasan dan digagas oleh Indonesia. Ini merupakan tindak lanjut dari 'International Seminar on Digital Diplomacy: Beyond Social Media' yang diadakan di Jakarta pada 12 Juli 2018," ujar Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri RI Listiana Operananta dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, pada Rabu (4/9).

Listi menjelaskan bahwa RCDD akan menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan terkait di kawasan untuk membahas peluang dan tantangan mengenai cara berdiplomasi di era digital dan bagaimana teknologi dapat digunakan secara efektif dalam diplomasi.

Dia menambahkan, forum itu juga akan mendorong kerja sama dalam mengurangi kesenjangan teknologi dan digital di kawasan Asia Pasifik.