Covid-19: Indonesia-Jerman jalin kerja sama bidang kesehatan

Kerja sama disepakati demi memperkuat hubungan bilateral dan mempromosikan kooperasi kesehatan antara RI-Jerman, terutama di tengah pandemik

Ilustrasi kerja sama kesehatan / Pixabay

Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan Jerman menggelar seremoni virtual penandatanganan Deklarasi Bersama Kerja Sama Kesehatan pada Kamis (25/2).

Dikutip dari rilis resmi yang diterima Alinea.id pada Jumat (26/2), deklarasi bersama tersebut disepakati untuk memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara dan mempromosikan kerja sama kesehatan atas dasar saling menguntungkan dan saling menghormati.

Ini merupakan kesepakatan kerja sama kesehatan pertama antara Indonesia dan Jerman. Deklarasi bersama tersebut akan fokus pada bidang-bidang seperti pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, kesehatan masyarakat, farmasi dan alat kesehatan, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Deklarasi Bersama (Joint Declaration/JD) ditandatangani oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Sekretaris Parlementer Negara Bagian Kementerian Kesehatan Jerman Sabine Weiss. 

Rincian spesifik lebih lanjut tentang kegiatan, proyek, dan program kerja sama akan disepakati dalam pengaturan terpisah oleh Joint Working Group (JWG).