Indonesia kirimkan bantuan US$1 juta ke Pakistan

Sebagai bentuk solidaritas, Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk para korban terdampak bencana Pakistan

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan ke Pakistan. Foto Dok

Banjir bandang akibat angin munson di Pakistan telah merenggut sekitar 1.600 Jiwa. Bencana tersebut merusak lahan pertanian, infrastruktur jalan, jembatan, gedung dan sekolah. Bencana itu juga telah menghanyutkan hampir sepertiga wilayah Pakistan.

Sebagai bentuk solidaritas, Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk para korban terdampak bencana tersebut.  Pengiriman bantuan pun dilepas langsung oleh Presiden Jokowi. 

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, bantuan kemanusiaan untuk Pakistan hari ini secara resmi saya berangkatkan,” kata Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdana Kusuma,  Jakarta, Senin (26/9).  

Total keseluruhan bantuan yang dikirimkan itu sekitar US$1 juta. Pengiriman diberangatkan menggunaan dua pesawat.
Dengan diberikannya bantuan untuk Pakistan, Presiden berharap bantuan itu dapat meringankan beban penderitaan warga yang terkena banjir bandang akibat angin munson. “Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara di Pakistan sampai semuanya kembali normal dan dapat beraktivitas seperti sedia kala,”  ujar Presiden.

Tidak hanya sekali Indonesia memberikan bantuan kepada Pakistan. Indonesia telah memberikan bantuannya untuk pakistan di tahun 2010 dengan peristiwa yang sama yaitu banjir.