Indonesia sodorkan opsi hentikan turnamen All England

Dubes RI tak ingin isu All England hambat hubungan bilateral.

Arena bertanding All England 2021 di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris. Twitter/@bwfmedia

Indonesia menyodorkan opsi pembatalan ajang All England Open 2021 kepada Inggris menyusul didepaknya tim bulu tangkis Indonesia. Sebanyak 20 dari 24 anggota skuad Indonesia yang berpartisipasi dalam turnamen bulu tangkis di Inggris, All England 2021, dipaksa mundur pada Rabu (17/3). Hal tersebut terjadi menyusul adanya laporan bahwa ada seorang penumpang yang positif Covid-19 dalam penerbangan yang sama dengan tim Indonesia.

Dalam pengarahan media secara virtual pada Kamis (18/3), Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya menyatakan bahwa dirinya tidak ingin isu ini menjadi hambatan dalam hubungan bilateral. "Saya tidak mau isu ini menjadi hambatan dalam perkembangan hubungan bilateral yang lebih baik antara Indonesia dengan Inggris," ucapnya.

Desra menyampaikan, pihaknya secara intens telah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Ketua Timnas All England Ricky Subagja, yang juga sedang berada di Birmingham.

Pada pukul 08.00 waktu Inggris, Dubes Desra menyampaikan permintaan klarifikasi kepada National Health Service (NHS). Pasalnya, NHS hanya memberikan email notifikasi terkait keharusan menjalankan isolasi mandiri kepada 20 dari total 24 anggota skuad Indonesia.

"Klarifikasi itu terkait kenapa notifikasi email diberikan kepada beberapa dan tidak semuanya ... dan juga kita ingin mendapatkan kejelasan kalau pun ada yang positif di pesawat, duduk di mana yang ditentukan sebagai harus menjalani isolasi dan mana yang tidak?" lanjut Desra.