Intelijen AS ungkap Iran bantu Rusia bangun pabrik drone di timur Moskow

Pemerintahan Biden telah berulang kali mempublikasikan temuan intelijen yang merinci bagaimana Iran membantu invasi Rusia.

Ilustrasi. Foto TASS

Intelijen Amerika Serikat menemukan Iran dan Rusia makin memperkuat kerjasama dalam persenjataan. Menurut Gedung Putih, Iran membantu Rusia dalam pembangunan pabrik drone. Pabrik ini dibangun untuk mengamankan pasokan persenjataan yang stabil bagi Rusia yang sedang berperang di Ukraina.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pejabat intelijen AS yakin pabrik di zona ekonomi khusus Alabuga Rusia dapat beroperasi awal tahun depan.

Gedung Putih merilis citra satelit yang diambil pada bulan April dari lokasi industri, beberapa ratus mil di timur Moskow, di mana diyakini pabrik itu “mungkin akan dibangun”.

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan secara terbuka pada bulan Desember bahwa pihaknya yakin Teheran dan Moskow sedang mempertimbangkan untuk membuat jalur perakitan drone di Rusia untuk perang Ukraina. Intelijen baru menunjukkan proyek, di wilayah Yelabuga Tatarstan, sudah mulai dikerjakan secara fisik.

Iran mengatakan telah menyediakan drone ke Rusia sebelum dimulainya perang Rusia di Ukraina. Namun, membantah memasok drone selama perang.