Iran hukum mati 5 orang yang dituduh mata-mata Israel

Setidaknya lima orang lainnya telah dijatuhi hukuman penjara yang lama dalam kasus tersebut, tambah laporan itu.

Seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai Mansur Rasuli mengaku ingin membunuh seorang diplomat Israel yang bekerja di konsulat negara itu di Istanbul, serta seorang jenderal AS yang ditempatkan di Jerman dan seorang jurnalis di Prancis. Foto tangkapan layar

Empat pria dan satu wanita di kota Urmia, Iran barat laut telah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan karena diduga terlibat dalam kerja sama intelijen dan kegiatan spionase yang menguntungkan Israel.

Hengaw, sebuah kelompok yang berbasis di Norwegia yang memantau pelanggaran hak di wilayah Kurdi Iran, mengatakan salah satu dari mereka yang dijatuhi hukuman mati adalah Mansur Rasuli, yang interogasinya oleh agen Mossad di Iran menjadi berita utama tahun lalu.

Setidaknya lima orang lainnya telah dijatuhi hukuman penjara yang lama dalam kasus tersebut, tambah laporan itu.

Tahun lalu, media Israel melaporkan bahwa agen dinas keamanan Mossad menangkap dan menginterogasi seorang anggota Korps Pengawal Revolusi Islam di Iran.

Belakangan, sebuah video dirilis di mana seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai Rasuli mengaku ingin membunuh seorang diplomat Israel yang bekerja di konsulat negara itu di Istanbul, serta seorang jenderal AS yang ditempatkan di Jerman dan seorang jurnalis di Prancis.