Iran tangkap sejumlah orang terkait jatuhnya pesawat Ukraina

Sejak Iran membuat pengakuan atas penembakan Ukraine International Airlines, kemarahan publik tidak terbendung.

Jenazah para penumpang pesawat Ukraine International Airlines di lokasi jatuhnya pesawat yang terletak di pinggiran Teheran, Iran, Rabu (8/1). ANTARA FOTO/Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS

Iran pada Selasa (14/1) mengatakan telah menangkap sejumlah orang yang diduga berperan dalam penembakan rudal yang memicu jatuhnya pesawat milik Ukraine International Airlines pada Rabu (8/1). Insiden tersebut menewaskan 176 penumpang dan kru pesawat.

Kabar penangkapan mereka yang dituduh berperan dalam penembakan pesawat dengan nomor penerbangan PS752 itu disampaikan oleh juru bicara otoritas kehakiman Iran Gholamhossein Esmaili. Namun, dia tidak mengidentifikasi atau merinci jumlahnya.

Selain itu, Teheran juga mengatakan telah menahan 30 orang yang terlibat dalam protes jatuhnya Ukraine International Airlines. 

Tragedi jatuhnya Ukraine International Airlines oleh rudal Iran telah menciptakan krisis baru di negara itu, memicu kemarahan publik.

Dalam pidatonya pada Selasa, Presiden Hassan Rouhani menjanjikan penyelidikan menyeluruh atas insiden jatuhnya pesawat yang disebutnya sebagai kesalahan tidak termaafkan.