Isi pembicaraan Jokowi dengan Putra Mahkota Arab Saudi

Presiden RI Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman dan Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6). / Kementerian Luar Negeri RI

Presiden RI Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman atau yang kerap disapa MBS. Pertemuan tersebut digelar di sela-sela hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, pada Sabtu (29/6).

Dalam pertemuan itu, kedua kepala negara membahas rencana pembentukan Dewan Konsultasi Tingkat Tinggi yang diusulkan pihak Arab Saudi.

Sebelumnya dalam pertemuan Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Jeddah pada 29 Mei, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah membahas persoalan tersebut dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim bin Abdulaziz Al-Assaf.

"Saya berharap pembentukan dewan tersebut dapat diresmikan bersamaan dengan kunjungan MBS ke Indonesia yang sempat tertunda," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id pada Sabtu.

Isu kedua yang diangkat Jokowi merupakan kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dan Saudi Arabian Oil Co. (Aramco). Terkait hal itu, menlu kedua negara pun sempat membahasnya di Jeddah dan sepakat untuk merundingkannya dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indonesia-Arab Saudi.