Israel lancarkan serangan udara ke Jalur Gaza

Israel mengklaim serangan udara ini merupakan balasan atas tembakan dua roket dari Jalur Gaza.

Jalur Gaza. / Pixabay

Pesawat militer Israel mengebom fasilitas Hamas di Jalur Gaza pada Jumat (15/3). Peristiwa itu terjadi beberapa jam setelah dua roket yang menargetkan Tel Aviv diluncurkan dari Gaza.

Tidak ada laporan adanya korban dalam serangan udara yang menghantam enam bangunan di Gaza. Warga dilaporkan telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. 

Militer Israel menjelaskan pihaknya menargetkan apa yang mereka klaim sebagai situs-situs teror di Gaza. Mereka mengaku terdapat pertanda kemungkinan eskalasi lebih lanjut menyusul sirene roket yang berbunyi di komunitas Israel di dekat perbatasan Gaza.

Pada Kamis (14/3) malam, sirene melolong di Tel Aviv yang disebut Israel dipicu oleh dua roket jarak jauh yang diluncurkan dari Gaza.

Klaim serangan roket ini memang tidak memicu korban atau kerusakan tetapi dinilai mengusik Israel jelang pemilu yang dijadwalkan berlangsung pada 9 April, di mana PM Benjamin Netanyahu mengejar masa jabatan kelimanya. Dan isu keamanan nasional diharapkan menjadi tumpuan kemenangannya.