Italia wajibkan vaksin untuk warga berusia 50 tahun ke atas

Italia telah mencatat lebih dari 138.000 kematian akibat Corona, sejak wabahnya muncul pada Februari 2020.

Ilustrasi. iStock

Italia mengeluarkan kebijakan wajib vaksinasi Covid-19 bagi warganya yang berusia 50 tahun pada Rabu (5/1). Hal itu dilakukan guna mengurangi tekanan pada layanan kesehatannya dan mengurangi angka kematian. Langkah itu, diyakini efektif per 15 Juni 2022.

Italia telah mencatat lebih dari 138.000 kematian akibat Corona, sejak wabahnya muncul pada Februari 2020, jumlah korban tertinggi kedua di Eropa setelah Inggris.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi, telah mewajibkan vaksinasi bagi guru dan petugas kesehatan, dan sejak Oktober tahun lalu, semua karyawan harus divaksinasi atau menunjukkan hasil tes negatif sebelum memasuki tempat kerja.

Bagi pekerja yang menolak divaksinasi akan dikenakan penangguhan dari pekerjaan tanpa bayaran, namun tidak untuk dipecat.

Keputusan yang diterbitkan pada Rabu (5/1), membuat peraturan semakin ketat bagi pekerja di atas usia 50 yang memilih tidak divaksinasi. Masih belum jelas sanksi apa yang akan diberikan bagi mereka yang melanggar aturan, yang berlaku mulai 15 Februari tersebut.