Jadi ketua DK PBB, Indonesia angkat tema pemeliharaan perdamaian

Keketuaan Indonesia berfokus pada tema "Investing in Peace, Improving Safety and Performance of UN Peacekeeping".

Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri RI Grata Endah Werdaningtyas dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, Kamis (25/4). Alinea.id/Valerie Dante

Sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB), Indonesia mendapat giliran menjabat sebagai ketua badan PBB itu selama Mei 2019.

Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri RI Grata Endah Werdaningtyas menuturkan, keketuaan Indonesia berfokus pada tema "Investing in Peace, Improving Safety and Performance of UN Peacekeeping".

Indonesia mengangkat tema tersebut, lanjutnya, karena menilai bahwa misi perdamaian PBB masih menjadi alat utama DK PBB untuk berkontribusi pada perdamaian dan keamanan internasional.

"Kalau diamati di berbagai negara konflik, kehadiran PBB paling terlihat dari pasukan perdamaiannya," jelas Grata dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, Kamis (25/4).

Selain itu, Indonesia percaya diri mengusung tema tersebut karena memiliki rekam jejak yang membanggakan sebagai penyumbang pasukan perdamaian PBB.