Jadikan gempa sebagai bahan lawakan, komedian China tidak termaafkan

Meski sudah meminta maaf, namun komedian bernama Zhang Yunlei itu belum berhasil meredakan amarah publik.

Ilustrasi / Pixabay

Lawakan dengan menggunakan materi gempa bumi yang dibawakan oleh seorang pelawak ternama di China tidak bisa dimaafkan khalayak. 

Zhang Yunlei "tersiram air panas" pada peringatan 11 tahun peristiwa gempa bumi di Wenchuan, Provinsi Sichuan, Minggu (12/5). Demikian dilaporkan media resmi setempat, Selasa (14/5).

Pada peringatan bencana alam yang menewaskan lebih dari 69.000 orang itu video penampilan pelawak pria berusia 27 tahun itu kembali muncul di media sosial Sina Weibo.

Dalam tayangan video 2018 itu, Zhang melawak tentang tiga perempuan bersaudara yang menikah dengan ketiga pria asal Tangshan, Wenchuan, dan Yushu Tibetan. Ketiga wilayah yang berada di Provinsi Hebei, Provinsi Sichuan, dan Provinsi Qinghai itu rusak parah diguncang gempa beberapa tahun yang lalu.

Zhang sudah meminta maaf di Sina Weibo. "Meskipun itu penampilan tahun lalu, saya tidak peduli dengan waktu dan apa pun atas penampilan itu, karena semuanya tidak baik ... Seharusnya saya berhati-hati dalam mengambil contoh sesuatu sehingga bisa mengingat penderitaan masyarakat dalam penampilan saya."