Jajaki prospek KTT, Korut-Korsel bertukar surat

Moon mengirim surat kepada Kim Jong-un untuk mencari cara untuk mengadakan pertemuan puncak, termasuk secara virtual jika memungkinan.

Untuk pertama kalinya selama lebih dari satu dekade, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu di zona demiliterisasi./Reuters

Surat kabar Korea Selatan, JoongAng, pada Jumat (2/7) melaporkan bahwa menjelang KTT dengan Amerika Serikat pada Mei, Presiden Moon Jae-in sempat bertukar surat dengan Korea Utara.

Dalam surat-suratnya, Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjajaki prospek kembali diadakannya pertemuan puncak antara kedua pemimpin.

Presiden Moon Jae-in menggunakan pertemuan dengan Joe Biden sebagai kesempatan untuk menghidupkan kembali pembicaraan yang terhenti dengan Kim Jong-un dan mendesak Washington untuk menangani masalah ini dengan lebih mendesak.

Dia mengirim surat kepada Kim Jong-un untuk mencari cara untuk mengadakan pertemuan puncak, termasuk secara virtual jika memungkinan.

Gagasan terkait KTT virtual telah disampaikan oleh Moon Jae-in sejak Januari, mengingat situasi pandemik Covid-19 yang menyulitkan pertemuan secara tatap muka.