Jelang pemilu sela Portugal, partai sayap kanan semakin berkibar

Orang Portugis sangat khawatir mengenai peningkatan biaya hidup akibat inflasi, serta kesehatan, pendidikan dan perumahan.

Foto: europeanconservative

Partai sayap kanan Portugal, Chega, sudah tiga bulan lalu mengadakan kongres tahunannya di kota utara Viana do Castelo. Namun, propaganda pemilu mereka tetap terpampang di hampir setiap tiang lampu di jalan utama, dengan mengumandangkan salah satu pesan utama mereka untuk pemilu hari Minggu depan: “Kami akan mengakhiri korupsi dan pekerjaan untuk anak-anak di Portugal!”

Korupsi dan konsekuensinya jelas memainkan peran penting dalam pemilu cepat ini, yang merupakan pemilu ketiga di Portugal dalam lima tahun terakhir.

Begitu pula dengan kebangkitan Chega yang tampaknya tak terbendung, yang sudah menjadi partai parlementer terbesar ketiga di negara itu setelah Partai Sosialis (PS) yang berkuasa dan formasi sayap kanan-tengah, Partai Sosial Demokrat (PSD).

Namun seiring dengan kisah yang sudah lazim mengenai partai populis sayap kanan Eropa yang menjaring suara protes dari formasi sentris yang dilanda skandal, di tingkat akar rumput juga jelas bahwa para pemilih di Portugal menginginkan isu-isu lain, yang lebih dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, untuk menjadi bagian dari narasi jajak pendapat bulan Maret ini.

Pemilihan legislatif cepat akan berlangsung pada 10 Maret 2024 untuk memilih anggota Majelis Republik ke Badan Legislatif Portugal ke-16. Pemilihan umum itu diadakan setelah Perdana Menteri Antonio Costa mengundurkan diri di tengah dampak dari penyelidikan korupsi terhadap penanganan pemerintah Sosialis terhadap berbagai proyek lingkungan hidup yang besar.