Jelang serangan darat, Israel evakuasi warganya dekat Lebanon

Pada Kamis (19/10), Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memerintahkan pasukan darat untuk bersiap melihat Gaza “dari dalam".

Warga Palestina mencari korban selamat dari sebuah bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Kamis, 19 Oktober 2023. AP Photo/Fatima Shbair

Israel membombardir Gaza pada Jumat (20/10) pagi waktu setempat, menyerang daerah-daerah di selatan. Tempat di mana warga Palestina diminta untuk mencari keselamatan, dan Israel mulai mengevakuasi sebuah kota Israel yang cukup besar di utara dekat perbatasan Lebanon. Hal itu sebagai tanda terbaru dari potensi invasi darat ke Gaza yang dapat memicu serangan regional.

Warga Palestina di Gaza melaporkan adanya serangan udara besar-besaran di Khan Younis di selatan, dan ambulans yang membawa pria, wanita, dan anak-anak mengalir ke Rumah Sakit Nasser di kota tersebut, rumah sakit terbesar kedua di Gaza, yang sudah penuh dengan pasien dan orang yang mencari perlindungan.

Pada Kamis (19/10), Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memerintahkan pasukan darat untuk bersiap melihat Gaza “dari dalam" mengisyaratkan serangan darat yang bertujuan untuk menghancurkan penguasa militan Hamas di Gaza hampir dua minggu setelah serangan berdarah mereka ke Israel. Namun, para pejabat belum memberikan jadwal untuk operasi semacam itu.

Lebih dari satu juta orang telah mengungsi di Gaza, dan banyak di antara mereka yang mengindahkan perintah Israel untuk mengevakuasi wilayah utara wilayah pesisir yang tertutup itu.

Rumah sakit-rumah sakit di Gaza yang kewalahan menjatah pasokan medis dan bahan bakar untuk generator yang semakin menipis, sementara pihak berwenang menyiapkan logistik untuk pengiriman bantuan yang sangat dibutuhkan dari Mesir yang belum masuk. Para dokter di bangsal yang gelap di seluruh Gaza melakukan operasi dengan menggunakan cahaya ponsel dan menggunakan cuka untuk mengobati luka yang terinfeksi.