Jenderal Chechnya Magomed Tushaev terbunuh, fakta atau propaganda?

Video yang menunjukkan bahwa Tushev terbunuh muncul di kanal media sosial, termasuk salah satunya di Socialtelecast.com.

Mogamed Tushaev. Foto Istimewa

Jenderal pasukan asal Chechnya yang membela Rusia, Magomed Tushaev dikabarkan tewas dalam sebuah pertempuran di ibu kota Ukraina, Kiev dalam sebuah serangan. Fakta atau propaganda?

Dugaan kematian jenderal itu diikuti dengan kabar bahwa 56 tank pasukan khusus Chechnya hancur di tengah serangan Ukraina. Pertempuran pecah di dekat Hostomel di timur laut Kiev.

Video yang menunjukkan bahwa Tushev terbunuh muncul di kanal media sosial, termasuk salah satunya di Socialtelecast.com. Kabar itu juga disebarkan oleh sejumlah media online.

Namun berdasarkan penelusuran Alinea.id, outlet-outlet berita internasional terkemuka Barat belum ada yang mengonfirmasi atau memuat kabar kematian salah satu sosok penting dalam dinamika invasi Rusia ke Ukraina ini.

Menanggapi kabar terbunuhnya Tushev, Menteri untuk Kebijakan Nasional, Hubungan Luar Negeri, Pers dan Informasi Chechnya, Ahmed Dudaev juga membantah kabar tersebut melalui akun Instagramnya.